4 Tempat Aman Untuk Menyimpan Emas

sumber foto: crainsnewyork.com4 Tempat Aman Untuk Menyimpan Emas - Banyak cara untuk menyimpan emas dengan aman, mudah, dan relatif murah. Berikut beberapa tips menyimpan emas yang lazim dilakukan banyak orang
1) Menyimpan emas di rumah Ini merupakan cara paling gampang dan murah sekaligus relatif aman. Anda hanya memerlukan lemari berkunci di kamar pribadi. Cara ini cocok bagi Anda yang simpanan emasnya belum terlalu banyak. Pastikan lokasi penyimpanan mudah terpantau dan pastikan rumah Anda tidak terlalu sering ditinggal dalam kondisi kosong.
2) Menyimpan emas di brankas baja Selain menyimpan di lemari berkunci biasa, Anda juga bisa memanfaatkan brankas baja. Dengan brankas baja, emas terlindung dari baha kebakaran dan banjir. Brankas baja juga lebih aman karena sulit dibobol pencuri. Harga brankas baja relatif terjangkau, mulai dari Rp2 juta-an. Anda dapat memilih brankas baja sesuai kebutuhan.
3) Menyimpan emas di safe deposit box Safe Deposit Box (SDB) adalah layanan penyimpanan barang berharga dalam sebuah kotak berpengaman yang biasanya disediakan oleh bank-bank besar. SDB biasanya disewakan per tahun dengan harga yang bervariasi, tergantung ukuran kotak dan kebijakan masing-masing bank. Cara ini cocok diterapkan untuk investor yang memiliki persediaan emas dalam jumlah relatif besar atau bernilai mahal. Biaya penyimpanan emas di SDB tergolong mahal, sehingga kurang sesuai untuk menyimpan emas yang bernilai kecil.
4) Memanfaatkan gadai emas Ini adalah cara lain dalam menyimpan emas dan cocok bagi Anda yang biasanya menyimpan emas di rumah dan suatu waktu seluruh penghuni rumah hendak bepergian jauh dalam waktu agak lama. Anda tinggal mendatangi bank syariah/pegadaian syariah untuk menitipkan emas yang Anda punya. Anda cukup membayar biaya titip dan biaya administrasi.