Cara Memilih Brankas Sesuai Barang Yang Disimpan

Cara Memilih Brankas Sesuai Barang Yang Disimpan
Cara Memilih Brankas Sesuai Barang Yang Disimpan - Setiap orang tentu punya barang berharga baik itu emas, perhiasan, dokumen, ataupun uang. Mempunyai barang berharga terkadang membuat kita khawatir, yaitu takut kehilangan, rusak, terbakar oleh api, dicuri pihak yang tidak bertanggung jawab, dll. Salah satu solusi yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan brankas pribadi.
 
Sebenarnya alat ini fungsinya sama seperti lemari pada umumnya. Bedanya, brankas memberikan rasa aman yang lebih karena menggunakan bahan baja dan pintu menggunakan kunci yang berupa kombinasi angka. Itulah sebabnya mengapa brankas terkadang disebut juga dengan lemari besi.

Lantas, bagaimana memilih brankas yang cocok dengan barang yang akan Anda simpan? Apakah teori one size fits all berlaku disini? Berikut adalah tips-tipsnya.

Brankas Tahan Api Dan Anti Bongkar

Sebelum membeli brankas ada baiknya anda mengetahui tipe brankas sesuai dengan kegunaan secara khusus. Anda sebaiknya memilih brankas yang disesuaikan dengan barang berharga yang akan disimpan. Misalnya, untuk barang berharga seperti emas lebih baik menggunakan brankas yang tahan bongkar. Tips ini sangat penting mengingat barang yang ada di dalamnya. Sehingga barang di dalamnya terjaga dan aman.

Lantas bagaimana kalau menyimpan dokumen penting? Bagaimana tips pilih brankasnya? Dokumen meskipun sekilas tidak berharga namun pada dasarnya sangat berharga, terutama dokumen berisi rahasia perusahaan. Untuk mengamankan dokumen bisa menggunakan brankas yang tahan panas (brankas tahan api), sehingga dokumen di dalam brankas tetap terjaga dan tidak terbakar.

Brankas Untuk Media Digital

Selain dokumen ternyata brankas juga dapat menyimpan media digital seperti kaset, CD, dan lain sebagainya. Untuk menyimpan secara khusus dibutuhkan brankas yang tahan api dengan suhu khusus. Brankas ini diciptakan khusus untuk menyimpan media digital. Sering juga disebut data cabinet yang memang diciptakan khusus menyimpan media digital.

Oleh karena itu penting untuk menentukan barang apa yang ingin anda simpan. Setelah itu tinggal menentukan jenis brankas yang ingin dibeli. Dengan memilih jenis brankas yang tepat resiko kehilangan barang berharga dapat diminimalisir dan investasi Anda lebih tepat sasaran.