Tips dan Panduannya Dalam Membeli Brankas

Tips dan Panduannya Dalam Membeli Brankas
Ingin Membeli Brankas? Berikut Tips dan Panduannya Dalam Membeli Brankas - Seperti yang kita ketahui bersama, brankas merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga seperti uang, dokumen-dokumen penting, perhiasan, dan sebagainya. Brankas sangat berguna terutama untuk mencegah pencurian dan kerusakan barang-barang berharga tersebut dari api ataupun hal-hal lainnya.

Jika Anda hendak membeli brankas, baik untuk kebutuhan di rumah ataupun di kantor, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli brankas. Hal-hal tersebut adalah:

Seberapa sulit untuk dibongkar?
Perlu diketahui, tidak ada brankas yang 100% anti-bongkar. Setiap brankas pasti bisa dibongkar. Pertanyaannya adalah, seberapa sulit dan lama brankas tersebut dibongkar. Semakin lama sebuah brankas dibongkar, tentu para pencuri akan berpikir dua kali untuk mencuri isi brankas Anda, karena besar kemungkinan mereka akan tertangkap.

Seberapa tahan api?
Sebuah brankas selain menjaga uang dan barang berharga dari pencurian juga harus bisa melindungi dari kebakaran (api). Biasanya, brankas untuk pemakaian rumahan hanya anti-maling atau anti-api. Brankas yang bisa anti-maling dan anti-api sekaligus biasanya lebih mahal.

Jika Anda hendak membeli brankas yang tahan api, cari tahu kepada vendor atau supplier yang menjual brankas tersebut berapa lama brankas tersebut bisa tahan api. Rata-rata brankas saat ini bisa tahan api antara satu hingga dua jam. Pastikan juga brankas tersebut dapat menjaga suhu di dalam brankas di temperatur tertentu sehingga tidak merusak barang-barang di dalamnya ketika terjadi kebakaran.

Seberapa tebal?
Brankas memiliki ketebalan yang berbeda-beda sesuai jenis dan kebutuhan. Biasanya ketebalan brankas ditandai dengan rating. Jelaskan kebutuhan brankas Anda dan tanyakan ketebalan seperti apa yang cocok untuk kebutuhan Anda. 

Sertifikasi Brankas
Pastikan brankas yang akan Anda beli memiliki kualitas yang baik. Salah satu kriterianya bisa Anda lihat dari sertifikasi yang dimiliki brankas tersebut. "Sertifikasi menjadi hal penting yang patut diperhatikan saat orang membeli, karena itu menunjukkan bahwa brankas telah melewati serangkaian uji coba yang cukup berat untuk mengetahui ketahanan dan performa brankas.

Cermat dan Teliti
Selain poin-poin di atas, beberapa tips tambahan memilih brankas secara cermat dan teliti:
  • Jangan mudah tergiur oleh penampilan atau klaim dari penjual
  • Cermat memperhatikan setiap sudut brankas
  • Jangan hanya berpatok pada harga yang lebih terjangkau
  • Cobalah untuk mempertimbangkan merek brankas yang sudah dikenal akan kualitasnya.